Beberapa Kasus Kebangkrutan Restoran Karena Menghindar Dari Teknologi

Bisnis rumah makan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Usaha rumah makan mengalami perkembangan yang cukup baik dewasa ini. Hal tersebut dapat dilihat dari makin menjamurnya jumlah  rumah makan, baik tradisional maupun modern. Jenis rumah makan yang hadirpun semakin beraneka ragam.

Kebutuhan manusia akan makanan dan minuman memang tidak akan pernah ada habisnya. Itulah yang menyebabkan bisnis rumah makan akan terus ada dan menjamur. Apalagi di masa sekarang ini, rumah makan tidak hanya menjadi tempat untuk makan namun juga ajang untuk berkumpul dengan teman – teman dan keluarga. Tentunya keberadaan rumah makan akan semakin mendapat tempat dalam masyarakat.

Memulai Bisnis Rumah Makan

Memulai bisnis rumah makan membutuhkan banyak persiapan. Banyak hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan demi kelangsungan bisnis rumah makan yang hendak anda buka. Namun hal itu sesuai dengan besarnya keuntungan yang dapat anda peroleh dari bisnis rumah makan. Apalagi bisnis rumah makan ini dapat menjadi usaha jangka panjang yang bisa anda wariskan ke anak cucu anda.
Beberapa hal dasar yang harus dipikirkan dalam memulai bisnis rumah makan antara lain:

Modal

Modal memang merupakan hal pertama yang harus dipikirkan saat anda hendak memulai sebuah usaha. Demikian pula dengan usaha rumah makan. Modal yang dibutuhkan dalam membuka bisnis rumah makan tentu bervariasi, tergantung pada konsep rumah makan yang anda inginkan.
Dalam mendapatkan modal untuk memulai bisnis rumah makan anda, anda tak melulu harus merogoh kantong pribadi. Anda bisa mencai alternatif lain. Apalagi jika modal yang anda butuhkan untuk memulai bisnis rumah makan tersebut cukup besar.
Salah satu cara yang dapat anda coba ialah dengan mencari rekanan. Dengan adanya rekan, maka modal yang dibutuhkan dapat ditanggung bersama. Jangan lupa untuk membuat perjanjian untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari.

Lokasi

Lokasi usaha tentu sangat berpengaruh bagi kelangsungan bisnis rumah makan. Lokasi yang banyak dilalui oleh orang akan sangat membantu dalam proses pengembangan rumah makan anda. Selain itu lokasi yang strategis dan mudah dicapai akan membuat orang tidak ragu atau malas untuk mengunjungi rumah makan anda.
Tapi anda harus ingat, jangan sampai modal anda habis hanya untuk mendapatkan lokasi yang strategis. Masih banyak kebutuhan lain yang membutuhkan biaya selama anda membuka dan menjalankan bisnis rumah makan ini. Lagipula, jika rumah makan anda memiliki kualitas yang baik tentu orang tak akan ragu untuk pergi sedikit jauh demi mencapai lokasi restoran anda.

Variasi menu

Menu yang akan anda sediakan di rumah makan milik anda juga harus menjadi bahan pertimbangan. Anda bisa saja membuka rumah makan dengan menyajikan menu – menu yang sedang trend saat ini dengan tujuan menarik pengunjung sebayak mungkin. Namun, anda harus ingat juga bahwa trend tidak bertahan lama.
Akan lebih baik jika anda menyediakan menu – menu yang disukai dan dicari sepanjang masa. Dengan demikian, rumah makan anda akan tetap dapat bertahan dan tetap dikunjungi walaupun trend makanan selalu berubah.

SDM

SDM atau Sumber Daya Manusia memilih pengaruh yang cukup besar dalam majunya sebuah usaha rumah makan. Dapat dikatakan bahwa kualitas SDM dapat menjadi ujung tombak suatu usaha. SDM dalam usaha rumah makan antara lain koki, pelayan dan kasir.
Koki. Tentu saja harus anda pilih yang hasil masakannya dapat diandalkan. Karena kualitas dan cita rasa makanan juga berpengaruh besar dalam maju atau tidaknya suatu bisnis rumah makan.
Pelayan. Keramahan dan kecekatan pelayan dalam menghadapi pelanggan rumah makan kerap kali menjadi hal yang terlupakan oleh para pengusaha. Padahal pelayan yang baik tentu akan menjadi promosi positif bagi rumah makan anda. Demikian pula dengan pelayan yang buruk, akan membuat pelanggan akan enggan untuk kembali lagi.
Kasir. Kasir yang baik ialah kasir yang jujur dan teliti. Jika kasir di rumah makan anda jujur dan teliti, maka anda akan bisa sedikit tenang dalam menjalankan bisnis rumah makan anda.

Promosi

Promosi yang hebat akan membuat bisnis rumah makan anda berkembang dengan hebat pula. Seringkali suatu usaha menjadi besar dikarenakan teknik promosinya yang tepat. Untuk dapat menentukan teknik promosiyang sesuai dengan bisnis anda, terlebih dahulu anda harus memastikan pangsa pasar yang anda tuju. Dengan demikian promosi yang anda lakukan anda dapat lebih mengena dan tepat sasaran.

Pemanfaatan Teknologi

Seiring dengan berkembangnya jaman, teknologi menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari – hari. Termasuk dalam menjalankan bisnis rumah makan. Bisnis rumah makan akan semakin maju jika mengaplikasikan berbagai teknologi dalam kesehariannya.
Sebut saja untuk promosi. Penggunaan aplikasi seperti website dan instagram merupakan salah satu cara yang mudah namun tepat sasaran. Dalam website rumah makan anda, juga dapat anda sertakan link untuk memesan tempat. Atau bahkan bisa juga anda sertakan pilihan menu yang akan memudahkan pelanggan untuk memesan secara delivery.
Hal – hal di atas sangat perlu anda perhatikan demi berhasilnya bisnis restoran yang anda rintis. Khusus untuk poin terakhir, ‘pemanfaatan teknologi’, hal tersebut masih kerap diabaikan dan dianggap remeh. Padahal  telah terbukti  bahwa teknologi dapat membuat restoran menjadi cepat berkembang atau sebaliknya dapat membuat bangkrut restoran anda.

Restoran yang Bangkrut Akibat Tidak Memanfaatkan Teknologi


  • Restoran Indonesia tertua di Den Haag mengalami kebangkrutan karena tidak menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Hal tersebut tentu sangat disayangkan, mengingat restoran tersebut tentunya merupakan bagian dari sejarah Indonesia di Belanda. Restoran tersebut seharusnya memberikan wifi gratis bagi pelanggan, membuat website restoran yang bagus dan fungsional, serta memiliki akun instagram atau halaman pada platform lain. Sehingga pangsa pasar mereka akan menjadi luas, tdiak terbatas pada pelanggan – pelanggan lama yang usianya sudah semakin tua.
  • Restoran Korea Utara di beberapa negara mengalami kebangkrutan karena tidak mengijinkan para pengunjungnya untuk berfoto dan mengunggahnya ke media sosial. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh, mengingat dewasa ini masyarakat sangat dekat dengan teknologi. Termasuk di dalamnya HP dan kamera dengan teknologi canggih. Dimana pemiliknya akan kerap berfoto untuk kemudian mengunggahnya ke media sosial.
  • Restoran bakso milik artis terkenal juga mengalami kebangkrutan karena kesalahan yang sama. Terlalu terlena dengan nama besar sang artis, membuat restoran ini tidak melakukan upaya untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi. Di saat restoran besar lain memanfaatkan media sosial sebagai salah satu ajang promosi utamanya, restoran ini sama sekali tidak memiliki media sosial ataupun website. Hal tersebut akan membuat orang yang mengetahui keberadaan restoran ini menjadi sedikit.Seharusnya restoran ini mempromosikan menu- menunya di berbagai media sosial, memasang wifi gratis, dan juga bekerja sama dengan start up seperti Gojek untuk dapat bertahan dalam kancah persaingan bisnis restoran.

Komentar