Beberapa Peluang Layanan Data Center di Indonesia

Sebuah data center tidak hanya dapat melayani layanan colocation saja. Akan tetapi banyak jenis peluang layanan data center yang terbuka. Seperti memberikan bantuan dalam setup server dan jaringan, pengelolaan dan monitoring. Jasa ini akan sangat membantu perusahaan yang tidak ingin repot dalam merekrut karyawan tenaga ahli data center.


Peluang Layanan Data Center

Beberapa Peluang Layanan Data Center di Indonesia


Perusahaan penyedia layanan data center dapat memberikan layanan managed services atau layanan pengelolaan perangkat server dan jaringan. Ini belum lagi jasa monitoring dan pelaporan. Banyak peluang yang terbuka pada jenis bisnis ini. 

Pada dasarnya, sebuah penyedia jasa data center tidak dapat berhenti pada layanan data center saja. Perusahaan tersebut dapat menawarkan jasa-jasa lainnya seperti:


  • Solusi cadangan dan pemulihan
  • Penyediaan tools untuk otomatisasi
  • Pembuatan sistem cloud untuk perusahaan dan agen cloud
  • Jasa pembuatan stasiun televisi digital
  • Jasa relay konten untuk pihak luar yang memiliki banyak pelanggan di Indonesia
  • Jasa smart storage atau penyimpanan cerdas yang dapat menghemat uang perusahaan. Seperti untuk penyimpanan rekaman pembicaraan pada teller bank atau untuk CCTV ATM.
  • Jasa pengelolaan IT perusahaan
  • Jasa pendukung operasional IT perusahaan di dalam dan luar negri yang beda waktu 12 jam
Masih banyak peluang bagi penyedia layanan data center di Indonesia. Apalagi pada era digital yang semakin berkembang pesat. Seluruh aliran data meningkat, dan memang industri data center ini merupakan bidang bisnis yang menggiurkan. Akan tetapi para penyedia data center tidak perlu terpaku hanya pada bisnis penyewaan ruangan server saja. Peluang jasa tersebut diatas dapat dijadikan acuan sebagai pengembangan bisnis mereka.

Perusahaan Startup Mendorong Industri Data Center ?


Kebanyakan perusahaan startup di Indonesia masih menggunakan cloud hosting seperti AWS. Namun beberapa perusahaan startup yang lebih tulus dalam menjalankan bisnis, mereka memakai data center di Indonesia. Alasan utama perusahaan startup memakai data center di Indonesia adalah untuk meningkatkan kelancaran penggunaan aplikasi mereka. Network latency akan berkurang, lagging aplikasi juga berkurang jauh. Bayangkan jika cuaca mendung, anda harus akses sebuah aplikasi pemesanan transportasi online yang harus menembus ke satelit kemudian ke server Amerika Serikat atau Singapore sekalipun, tentunya aplikasi tersebut sering macet bukan ?

Dalam hal ini, penegakan kedaulatan data oleh pemerintah Indonesia seharusnya dapat memberi iklim bisnis startup yang lebih kondusif. Sayangnya di rezim PDIP Jokowi ini, kebaikan dan perubahan hanya muncul di permukaan saja. Kenyataannya kedaulatan data dipandang sebagai penghambat, yang sebetulnya kelemahan penegakan kedaulatan data tersebut justru memperlambat transformasi digital di Indonesia.

Perkembangan industri digital di Indonesia masih jauh dari yang diharapkan. Namun, perusahaan-perusahaan yang sudah lama beroperasi di Indonesia mulai berbenah diri dengan melakukan transformasi digital secara berkelanjutan. Hal ini memberikan peluang besar pada penyedia layanan data center di Indonesia.


Komentar