Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Restoran

Seperti kita ketahui sbelumnya kunci sukses restoran adalah; cita rasa masakan dan layanan yang baik. Sementara faktor-faktor ini tetap penting untuk kesuksesan sebuah restoran, namun di era digital hal ini memiliki tuntutan lebih.

cara meningkatkan loyalitas pelanggan

5 tips cara untuk mempertahankan pelanggan datang kembali ke restoran anda.


Dengan begitu banyak alat bantu online di sisi konsumen - yang membantu mereka memilih antara restoran dan ulasan pengalaman pribadi - restoran harus berupaya lebih banyak untuk mendapatkan popularitas yang berkepanjangan. Artinya,  reputasi online usaha restoran menjadi semakin dibutuhkan, dan reputasi online ini hanya dapat diraih dengan fakta yang ditemukan oleh pengujung restoran anda.

Era digital telah merubah perilaku konsumen, terutama dalam hal harapan pelanggan. Internet memungkinkan konsumen untuk meneliti terlebih dahulu sebelum mereka mengambil keputusan, yang tampaknya menjadi tren yang terus tumbuh. Saat menarik pelanggan pertama kali ke restoran anda, pemasaran dapat sesuai harapan. Namun, cukup sulit ketika ingin mengubah pengunjung menjadi pelanggan setia atau pelanggan tetap. Untungnya, untuk mencapai ini relatif tidak memerlukan biaya besar, dan hanya membutuhkan beberapa perhatian.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda:

1. Memberikan Perhatian Penuh


Seperti yang dinyatakan sebelumnya, banyak pelanggan meneliti sebuah restoran terlebih dahlu sebelum mengunjungi, yang berarti mereka tahu sesuatu tentang restoran anda. Namun, jika restoran yang dikunjungi tersebut tidak menghargai usaha mereka maka dapat menyebabkan mereka untuk merasa undervalued atau kurang di hargai. Untuk menghindari hal ini, restoran dapat mengambil peran aktif dalam menyambut tamu anda, dan dalam menjalankan restoran secara umum.

Luangkan waktu untuk berbicara dengan tamu saat mereka tiba. Jika mereka tampaknya menghargai perhatian, pastikan untuk terlibat dengan mereka dalam waktu kedepannya dengan memberikan kartu member atau semacam loyaltu program. Jika mereka tampak kurang ingin diperhatikan, maka cukup berinteraksi denga baik dalam pertanyaan atau keluhan pelanggan.

Dengan aktif terlibat ke pelanggan anda, anda akan dapat mengidentifikasi pengunjung loyal. Pelajari tentang pelanggan ini, tanpa terlalu invasif. Ini akan menanamkan kepercayaan pelanggan anda, dan bisa menjadi kunci untuk mendapat bayak pelanggan setia. Memperlakukan pelanggan sebagai tamu istimewa di restoran anda merupakan hal penting untuk dilakukan.

2. Berikan Penawaran Ekstra

Memberikan pilihan kkeanggotaan loyalitas dapat berkesan mahal, dan masih dapat membuat pelanggan anda merasa sedikit kurang dihargai karena kesan lanjutan mereka terhadap diskon yang diberikan ke orang yang mau saja. Lebih baik untuk menyajikan manfaat loyalitas tidak dalam bentuk diskon.

Hal ini memerlukan penekanan ekstra pada point 1 diatas; memberikan perhatian. Jika anda aktif terlibat dalam percakapan dengan pelanggan yang sering ke restoran anda, anda akan mengenal mereka secara pribadi. Hal ini dapat memberikan isyarat lebih dari sekedar kopi gratis pada ulang tahun pelanggan mereka misalnya, dan hal ini jauh lebih tulus ketimbang basis poin reward.

Namun demikian, adalah penting untuk memperlakukan sama semua pelanggan dan secara adil. Mengabaikan untuk menawarkan 'bonus kecil; untuk alasan apapun dapat dengan cepat menghilangkan pelanggan. Dengan demikian, ketika mengidentifikasi pelanggan tetap adalah hal penting untuk memberikan perhatian yang lebih nyata.

3. Jangan Abaikan Media Sosial

Jaringan sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan tetap. Jika anda memiliki atau 'mengikuti' halaman sosial pelanggan, bisnis restoran dapat terhubung setiap hari dengan mereka, dengan memberikan peluang keterlibatan pelanggan maka bisnis restoran anda dapat menawarkan program loyalitas. Pelanggan akan dapat mengomentari pengalaman baru-baru di restoran anda, serta memiliki akses ke menu spesial terbaru atau rekomendasi menu. Ini membantu mereka untuk menjadi akrab dengan restoran anda, dan memungkinkan untuk lebih mudah melacak pelanggan tetap.

Namun, sementara media sosial memang menawarkan manfaat seperti di jelaskan di atas, aktifitas di sosial media harus selalu dijaga baik. Pastikan untuk posting secara teratur dengan berita penting yang berkaitan baik untuk restoran anda sendiri dan industri pada umumnya, hanya posting foto makanan yang diambil oleh fotografer profesional, dan selalu membalas komentar dengan cepat. Kegagalan dalam memelihara media sosial dapat memiliki efek negatif pada sisi pelanggan dan merusak reputasi online.

4. Menghargai Komunitas

Sebagai anggota masyarakat setempat, pelanggan akan menghargai fakta bahwa anda mengambil minat tambahan dalam keterlibatan masyarakat. Ini dapat memberikan keuntungan untuk bisnis anda, karena restoran anda mungkin sudah menjadi bagian dari masyarakat setempat akan tetap hanya melalui akuisisi produk selama ini.

Mengingat bahwa banyak restoran sering mendapatkan sumber daya dari sumber-sumber lokal dalam rangka untuk mempromosikan kesegaran, mereka secara tidak sengaja mendukung pemasok lokal. Namun, banyak restoran yang dibicarakan pada suatu komunitas karena banyak mengabaikan untuk memanfaatkan fakta.

Pelanggan akan merasakan rasa senang jika anda mendukung daerah di mana mereka tinggal, dan mengambil kepentingan bersama di dalamnya. Selain sumber produk dari vendor lokal, ada beberapa cara di mana anda dapat menunjukkan dukungan anda untuk masyarakat setempat, seperti:

• Menawarkan restoran anda untuk pertemuan dan acara komunitas.
• Menyetel musik lokal pada playlist audio restoran anda, dan mungkin mengundang musisi lokal untuk manggugng di restoran anda.
• Pembelian kerajinan lokal untuk dekorasi, dan mungkin memberikan seniman lokal kesempatan untuk menampilkan dan menjual karya mereka di restoran Anda.

Hal ini juga penting untuk menampilkan kegiatan amal. Misalnya, ajakan untuk tidak membuang barang yang bisa digunakan, menyumbangkannya ke tempat penampungan tunawisma lokal. Atau, mungkin Anda bisa mengirim peralatan lama anda ke restoran milik penduduk asli. Tindakan kebaikan seperti ini tidak dikenakan biaya tambahan apapun, tapi dapat beresonansi dengab baik pada pelanggan setempat, dan mendorong mereka untuk tetap setia ke restoran Anda.

5. Menjaga Suasana Hati Karyawan

Mengingat bahwa pelayan restoran merupakan sumber utama dari interaksi pelanggan di restoran anda, adalah penting bahwa mereka memberikan keramahan dan keinginan untuk menyenangkan pelanggan. Keramahan dan membantu staf menjadi faktor soliter dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan tetap.

Cara terbaik untuk memastikan bahwa anggota staf anda puas dan bahagia adalah dengan mengambil minat aktif mereka, menyelesaikan masalah dengan cepat, dan memperkuat etos kerja melalui insentif dan penghargaan.

Era digital telah meningkatkan persaingan antar restoran, tapi ini tidak harus mempengaruhi bisnis anda. Dengan memberikan perhatian ke pelanggan dan staf, mengambil peran aktif dalam komunitas, dan menggunakan teknologi sistem informasi restoran untuk terlibat dengan pelanggan, hal ini dapat memperkuat bisnis restoran anda dengan mengkonversi pengunjung menjadi pelangan setia, dan pelanggan yang puas.

Komentar