Peluang Kerajinan Perhiasan Permata Asli untuk Pasar Lokal dan Internasional

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan seni dan kebudayaan. Masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri. Ini merupakan suatu tanda bahwa peluang kerajinan cincin permata sangat berpotensi untuk dibangkitkan di Indonesia.

Kota Perhiasan di Indonesia

Seperti Celuk di Bali dan Kota Gede Di Jogja, merupakan kota penghasil kerajinan perhiasan terbesar di Indonesia. Namun, kerajinan tersebut baru sampai sebatas pada pengelolaan perak. Ini dapat ditingkatkan dengan melibatkan design dan permata asli agar lebih menarik lagi dan lebih mendunia.

Pasar perhiasan permata di Indonesia terus meningkat sepanjang waktu. Keindahan permata terus memikat masyarakat di Indonesia. Hal ini didukung dengan informasi bahwa permata tidak selamanya berharga ratusan juta rupiah.

Ada beberapa permata senilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, namun dapat mendukung terbentuknya sebuah perhiasan yang exclusive. Ini akan mengandalkan kualitas design dari para pengrajin. Oleh karena itu, Indonesia yang memiliki Kebhinekaan dalam ragam dan budaya akan sangat berpotensi untuk menjadi negara penghasil kerajinan perhiasan permata di dunia.

Perhiasan permata tersebut dapat berupa cincin, gelang, kalung dan anting. Dengan ide dan kreasi yang spektakuler, bahkan perhiasan permata dapat berupa botol ukir permata, bidak catur, bahkan sampai pada busana high class.

Ide Cincin Batu Permata

Untuk memulai perhitungan bisnis, ada baiknya kita sembari melihat beberapa contoh desain cincin permata dibawah ini.

Batu Permata Citrine Yang Kualitas Bagus Itu Seperti Apa?
Permata yang digunakan pada gambar diatas adalah permata citrine. Harga mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Dengan menggunakan emas sekitar 3 gram untuk cincin wanita, dan 5 gram untuk cincin pria. Kita dapat menghitung biaya pembuatan cangkang cincin hingga finishing berkisar antara Rp. 1.5jt hingga 2.5jt.
Ciri Batu Garnet Asli dan Palsu Serta Penentuan Kualitasnya
Batu permata diatas merupakan batu permata garnet. Untuk permata garnet yang berkualitas bagus, harga sekitar jutaan rupiah. Namun saat ini sedang ada toko online permata yang menjual di kisaran Rp. 500.000 - 750.000 dan sudah lengkap dengan hasil cek keaslian batu mulia.

Perhitungan Bisnis Cincin Permata

Dengan bermodalkan sekitar Rp. 2 juta hingga Rp. 3 juta, cincin tersebut dapat ditawarkan di kisaran Rp. 5 juta hingga belasan juta rupiah. Disini-lah kualitas design, bahan dan finishing menentukan. Harga pasaran tersebut lebih rendah ketimbang harga pasaran di belahan dunia lainnya.

Anda juga dapat berkreasi pada cincin pernikahan yang memakai permata selain berlian. Bahwa, di Eropa dan negara barat lainnya sedang ada trend cincin pernikahan menggunakan permata selain berlian.

Disini akan terjadi persaingan harga antara cincin nikah berlian dengan cincin nikah permata. Dimana harga cincin berlian akan berkisar di belasan juta hingga puluhan juta rupiah per pasang, anda dapat menawarkan cincin nikah dengan harga dibawah 10 juta.

Untuk anda yang percaya diri akan desain yang dimiliki, sebaiknya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk masuk ke pasar internasional. Penjualan dapat dilakukan melalui online pada situs marketplace tingkat dunia khusus untuk perhiasan dan barang lainnya.

Selain memasarkan pada situs marketplace di Indonesia dan di Dunia lainnya. Para pengrajin juga dapat memanfaatkan website untuk UKM dengan biaya yang bersahabat agar investasi awal tidak terlalu memberatkan.

Dengan menggunakan website, loyalitas dan branding usaha anda akan lebih mudah dan cepat diraih. Terutama untuk para pengrajin perhiasan permata yang memiliki desain unik dan berkualitas.

Oleh karena itu .. segera wujudkan kreasi perhiasan permata berkualitas.. dan mendunialah!




Komentar