Bisnis Laundry di Kota Besar Semakin Menggiurkan

Mencuci pakaian merupakan pekerjaan rutin yang tidak bisa ditinggalkan. Ditengah kesibukan, tentu waktu semakin sedikit untuk dapat mencuci pakaian. Bisnis laundry merupakan jasa pencucian pakaian yang dapat menghemat waktu bagi orang yang sibuk.


Bisnis Laundry Semakin Menggiurkan

Dengan biaya per kilo gram sekitar Rp. 5000, banyak orang yang membuka jasa cuci pakaian (binatu). Mereka rata-rata memiliki target untuk mencuci 100 kilo gram pakaian per hari.

Kota besar yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, kos-kosan dan apartemen, tentu merupakan wilayah yang paling menarik untuk mendirikan bisnis laundry. 

Seperti yang disebutkan di atas, mencuci pakaian merupakan kebutuhan orang sehari-hari. Di kos, apartemen, atau di properti dengan luas terbatas, tentu hampir tidak memungkinkan untuk mencuci pakaian.

Sebagai contoh di Apartemen Kalibata City dengan belasan tower dan terdapat lebih dari 10.000 penghuni. Jika 1 penghuni selama sebulan mencuci pakaian 30 kilo gram, maka potensi pencucian sekitar 300.000 kilo gram per bulan atau 10.000 kilo gram per hari. 

Anda dapat kalkulasikan Rp. 5000 x 10.000 yang totalnya Rp. 50 juta per hari. Sangat menggiurkan bukan ?.

Walaupun ada 100 bisnis laundry di apartemen tersebut, tentu target 100 kilo gram per hari dapat tercapai dengan mudah. Hanya saja, Anda harus bisa "jemput bola" dan mempertahankan kualitas laundry jika ingin cepat menjadi laundry kiloan favorit para penghuni apartemen.

Kualitas Laundry

Seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Semarang dan Jogja, banyak bertebaran outlet laundry kiloan. Namun, kualitas hasil cuci pakaian tetap menjadi penilaian para pelanggan laundry. Persaingan bisnis laundry pun semakin ketat.

Bau sedikit saja, atau ada noda setitik saja, lantas pelanggan akan beralih ke bisnis laundry lainnya.

Ini merupakan hal yang wajar. Walau laundry kiloan cukup murah (harga laundry kiloan di Jakarta antara Rp. 4000 hingga 8000 per kilo gram), namun tidak berarti bisnis laundry dapat menghindar dari syarat kualitas.

Untuk dapat mempertahankan kualitas, bisnis laundry harus selektif dalam menggunakan peralatan laundry. Selain itu, penggunaan sabun, pelembut dan parfum laundry berkualitas bagus sangat menentukan hasil akhir kualitas cucian. Ada baiknya Anda memberikan beberapa pilihan parfum laundry kepada pelanggan laundry Anda.

Persaingan Berada Pada Efisiensi

Ketika persaingan semakin ketat, tentu bisnis laundry akan menurunkan biaya laundry. Lantas, ini akan menggerus keuntungan setiap bulannya. Maka, efisiensi dalam operasional bisnis laundry harus dapat ditingkatkan.

Sebagai salah satu cara meningkatkan efisiensi adalah pada peralatan. Baik untuk menghemat listrik, air, tenaga, maupun waktu.

Selain itu, untuk Anda yang baru akan memulai membuka bisnis laundry, ada baiknya menggunakan peralatan yang tidak hanya sekedar murah, akan tetapi kuat dan hemat listrik.

Seperti contohnya untuk sebuah mesin pengering pakaian untuk bisnis laundry yang memang dirancang khusus. Anda dapat mengemat investasi awal, dan juga dapat menghemat waktu operasional per 7 kg laundry.

Bisnis laundry akan berpacu dengan waktu. Proses pencucian, pengeringan dan setrika harus didukung peralatan yang dapat menghemat waktu dan listrik. Dengan itu semua tersedia, maka Anda dapat lebih siap menghadapi persaingan.

Pemasaran

Mungkin sebelumnya hal ini tidak pernah terpikirkan, pemasaran agresive melalui internet, seperti di Facebook dan Instagram. Anda dapat memberitahukan ke orang-orang disekitar Anda tentang kehadiran bisnis laundry Anda.

Akan tetapi, sebelum melakukan promosi di sosial media atau dimanapun, Anda harus membuat sebuah website untuk bisnis laundry Anda. Ya.. benar sekali, saat ini tidak bisnis yang terlalu kecil untuk memiliki sebuah website.

Website merupakan fondasi awal pada pemasaran digital. Dengan sebuah website, Anda dapat menerima order jemput pakaian kotor secara online. Selain itu, Anda juga dapat menempatkan sebuah tombol yang jika di klik akan mengirim text whatsApp untuk order laundry.

Di era digital sekarang ini, bisnis laundry harus hadir di search engine. Dengan memiliki sebuah website, Anda juga dapat memperkuat kehadiran pada Google Local Business.

Misal, ada penghuni kos-kosan baru di dekat kampus di Bandung, mencari "Laundry Kiloan" dan hasil di halaman pertama ada nama bisnis laundry Anda dan website (selain peta lokasi), tentu anak kos akan klik website Anda.

Setelah mereka masuk ke website bisnis laundry Anda, mereka akan melihat testimoni, kemudian melihat nomor telepon dan lokasi.

Dengan cara ini, bisnis laundry Anda dapat terus bertambah pelanggannya.

Kesimpulan:

Bisnis laundry memang cukup menggiurkan untuk dapatkan penghasilan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Akan tetapi, persaingan semakin ketat dan Anda harus mulai untuk meningkatkan efisiensi, terutama dari segi waktu dan biaya listrik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan peralatan dan mesin laundry yang memang dirancang khusus.

Disamping itu, kualitas hasil cuci pakaian harus dapat dipertahankan dari waktu ke waktu. Dan untuk menambah jumlah pelanggan, Anda harus dapat memanfaatkan saluran digital untuk pemasaran bisnis laundry Anda.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk bisnis laundry Anda. Terimakasih ..

Komentar