Kursus Toko Online untuk Calon Entrepreneur Online

Pada era sosial media ini mungkin sudah banyak yang berjual beli melalui facebook, dan beberapa market place seperti tokopedia, bukalapak serta forum kaskus jual beli. Namun untuk lebih memperkuat posisi anda di pasar online, tetap harus ada sebuah website untuk bisnis anda tersebut. Dalam mengelola website toko online, tentunya memerlukan pelatihan toko online. Anda dapat mengikuti kursus toko online namun harus memilih mana yang terbaik dan benar-benar efektif.

Pemasaran Online Bukan Hanya Untuk Menjual Barang Saja


Ilmu dalam internet marketing sebetulnya cukup luas, mencakup hal teknis seperti hosting, optimasi website atau yang lebih dikenal dengan CARA SEO, serta strategi-strategi lainnya yang perlu di bentuk untuk mulai mendatangkan pengunjung hingga mengajak pengunjung untuk menerima apa yang anda tawarkan.

Jika anda menjual melalui market place, maka anda akan sulit untuk mendapatkan pelanggan tetap meskipun produk anda berkualitas. Market place dimana pun lebih cocok untuk menjual barang semurah mungkin, dan jika barang anda paling murah.. tentunya anda tetap perlu membuat toko online akan lebih mudah mendapatkan dan menjaga pelanggan tetap. Lantas kriteria apa saja dari sebuah pelatihan toko online yang bagus untuk kita ikuti ?

Kriteria Kursus Toko Online yang Efektif

Mungin jika anda cari di google mengenai "kursus toko online" maka anda akan kebingungan akan memilih yang mana, dan harga yang termurah kemungkinan akan anda pilih. Tapi dampaknya ke usaha yang akan anda kembangkan mungkin akan lebih sulit tercapai. Oleh karena itu ada baiknya anda melihat kriteria sebagai berikut:

  • Jangan percaya pada kursus toko online yang diajarkan atau di bimbing oleh praktisi yang juga berjualan secara online melalui beberapa website. Pilihlah kursus toko online dari pembicara yang berpengalaman dalam berjualan online. Sehingga anda tidak terlalu sulit untuk melihat bukti dari efektifitas materi toko online yang disampaikan.
  • Memiliki materi pelajaran yang benar-benar terpakai dan update. Selain mengajarkan bagaimana meng-upload produk di toko online, juga diberikan pemahaman mengenai optimasi website atau Google SEO. Hal ini sangat penting untuk mendatangkan pengunjung ke website anda. Juga diajarkan bagaimana memakai sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya untuk mendukung popularitas website toko online anda sembari menambah luas pengenalan produk yang anda tawarkan.
  • Jika anda menemukan kursus toko online dari pihak yang berpengalaman, bahkan anda bisa mendapatkan sedikit masukan mengenai bisnis anda agar semakin dapat berkembang.
  • Hindari hayalan menjadi milyarder dengan toko online, cita-cita boleh saja namun angan-angan tidak akan berguna. Oleh karena itu pilihlah pelatihan toko online yang lebih realistis dari instruktur yang memang pelaku bisnis melalui toko online, bukan hanya pembuat website toko online.
  • Pilih kursus toko online yang memberikan pemahaman mengenai strategi BRANDING dan saluran untuk promosi. Anda akan lebih di untungkan dengan kursus toko online terbaik itu, mereka dapat memberikan arahan yang diperlukan. Karena jika anda jualan di sosial media dan marketplace tanpa adanya toko online, maka anda akan kesulitan dalam menerapkan strategi branding. Bahkan kami melihat kebanyakan pelaku bisnis online di marketplace, mereka hanya peduli soal penjualan, alias tidak memiliki strategi branding.
  • Pelatihan toko online yang efektif akan selalu memnerikan materi tentang bagaimana mendapatkan kepercayaan publik dan langkah-langkah apa saja yang harus di terapkan di website.
Banyak sekali para pelaku bisnis online yang hanya peduli pada pendapatan jangka pendek.. gugur satu persatu. Padahal di tahun 2016 ini para distributor dan bahkan pabrik-pabrik sudah mulai menggunakan toko online untuk memangkas jalur distribusi mereka.

Toko online bukan barang ajaib yang dapat seketika mengubah nasib anda menjadi milyarder. Namun, perlu anda pahami bahwa jika praktik terbaik dilakukan maka anda dapat meraih penghasilan jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulan. Ini tidak bisa berhenti sampai disini, jika anda sudah cukup puas dengan penghasilan puluhan juta per bulan bahkan ratusan juta per bulan, maka kemungkinan anda akan gagal dan mengulang lagi dari awal. Trust me ;)

Komentar